bayi belajar sejak dalam kandungan Awan Ukaya

bayi belajar sejak dalam kandungan

Belajar tidak hanya dilakukan oleh manusia yang terlahir kedunia ini. Belajar memang bukan hanya seumur hidup di dunia. Belajar sudah di mulai bahkan sejak dalam kandungan. Janin memang harus belajar menelan agar saat lahir ia sudah siap untuk menerima asupan makanan (dalam hal ini ASI) melalui mulutnya. Menelan adalah bagian penting dari pematangan proses pencernaan makanan.

Janin mulai belajar menelan saat ia berusia sebelas minggu. Pada saat yang bersamaan, gerakan usus dan proses penyerapan dalam usus kecil mulai terjadi. Tapi apa sih yang ditelan olehnya?

Janin hidup dalam lingkungan yang aman dan nyaman. Ia hidup dalam rahim yang kuat dan dilindungi oleh cairan ketuban yang membuatnya cukup bebas bergerak. Cairan ketuban inilah yang ditelannya.

Janin menelan cairan ketuban bukan tanpa alasan. Dengan menelannya, ia membantu untuk mengontrol jumlah cairan ketuban dalam rahim. Bila karena suatu hal ia gagal menelannya, maka jumlah cairan ketuban menjadi berlebihan. Selain itu, menelan air ketuban akanmemberikan sejumlah kecil protein yang sedikit membantu kebutuhan nutrisinya.

Tapi ada hal lain yang terjadi saat janin menelan air ketuban. Proses itu menyebabkan ia juga menelan rambut halus (lanugo) dan sel-sel sisa. Semua benda tersebut akan berkumpul dalam usus besarnya dan menjadi kotoran bayi yang disebut mekonium. Mekonium yang berwarna hijau dan lengket inilah yang keluar pada hari-hari pertama bayi dilahirkan ke dunia.