Bagaimana Menghindari Maksiat? Awan Ukaya

Bagaimana Menghindari Maksiat?

Persoalan yang menjanggal bagi kebanyakan umat islam adalah ketika mereka menginginkan untuk mengamalkan seluruh ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari tapi ada saja masalah yang belum bisa dihindari misalnya aja sekedar contoh tentang maraknya riba di tengah-tengah masyarakat, pergaulan bebas, korupsi dan persoalan lain yang tak kalah mengkhawatirkan.

Sulit memang untuk menjalankan islam secara kaffah sekarang ini, karena kita hidup bukan dalam sistem islam. Contoh yang tadi disampaikan sangat sering kita jumpai. Banyakdari kita sudah berusaha menjaga pandangan, tetapi ketika dihadapkan dengan apa yang terjadi dalam masyarakat menjadi sangat berat. Itulah kemudian menjadi sangat jelas pentingnya penegakan aturan-aturan islam dalam setiap aspek kehidupan. Baik dalam tata pergaulan, ekonomi, politik, pendidikan dan sebagainya.

Ada 3 pilar agar aturan-aturan islam itu dapat ditegakan. Pertama ketakwaan individu, dalam sekala individu banyak kaum muslimin yang tidak memahami islam secara mendalam. Sebagian tidak tahu bahwa islam mempunyai seperangkat aturan-aturan kehidupan. Atau bahkan ada yang merasa takut jika aturan islam ditegakan. Untuk ibadah ritualpun misalalnya shalat, puasa, zakat, banyak yang meninggalkannya. Kedua kontrol masyarakat, dalam kehidupan bermasyarakat, kontrol itu nyaris hilang. Kaum muslimin telah terbiasa dengan kehidupan yang individualistis. Amar ma’ruf tidak berjalan sesamanya karena dianggap mengganggu privacy dan hak asasi. Maka yang terjadi adalah tidak berjalannya saling mengingatkan ketika ada yang melanggar aturan-aturan islam. Ketiga pelaksanaan aturan oleh Negara, Negara tidak mengatur kehidupan ini dengan cara islam. Karena bagaimanapun ada aturan-aturan yang tidak bisa ditegakan tanpa peran Negara.

Kalau kita sudah mengetahui penyebabnya, maka yang bisa kita lakukan adalah:

Meningkatkan pemahaman tentang islam baik yang menyangkut persoalan aqidah ataupun syari’at. Kemnudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. InsyA ini akan menjadi tameng untuk tidak melakukan perbuatan yang tidak diperbolehkan dalam islam

Menghindari sebisa mungkin hal-hal yang berbau/mengajak kepada perbuatan maksiat

Turut andil dalam memperbaiki pemahaman kepada umat tentang aturan-aturan islam, melalui kegiatan dakwah. Kalau semakin banyak orang yang memahami bahwa setiap muslim harus menjalani kehidupannya dengan aturan islam, maka insya Allah keadaan lingkungan dan masyarakat akan terjaga