Asthenopia, Mata Lelah Karena Layar Kaca 1 Awan Ukaya

Asthenopia, Mata Lelah Karena Layar Kaca 1

Anak Tak Mampu Mengatakan

Ketegangan yang ditimbulka saat bermain games sering membuat anak jarang berkedip. secara otomatis, mata dilindungi oleh kelopak mata, alis, dan bulu mata. Nah, proses mengedip akan melindungi mata agar tidak mudah kering.

Memang, air mata berguna untuk membersihkan kotoran yang masuk ke mata, melumasi mata, melindungi mata ( mengandung antibakteri dan antibodi ), sarat nutrisi ( Glukosa, elektrolit, dan enzim protein ), dan media “Transportasi” oksigen dan udara. Jika pasokan air mata kuran dan pelumasan mata menurun, apalagi dalam jangka lama, kesehatan mata akan terganggu juga.

Mata yang jarang mengedip akibat keasyikan memelototi layar akan mengalami penguapan berlebihan. Apalagi, kalau ruangannya ber-AC, penuh asap rokok, dan banyak debu karena jarang dibersihkan. Wah, makin lengkaplah “Penderitaan” mata si kecil.

Kelelahan mata akan menimbulkan kelelahgan, seperti mengantuk, mata berair, dan sakit kepala ( otot luar penggerak bola mata bekerja keras ketika berinteraksi dengan komputer ). Juga, mata terasa kering, penglihatan buram plus kemampuan melihat menurun. Padahal, anak kecil belum bisa mengekspresikan keluhannya. Jika dibiarkan berlarut-larut, gangguan penglihatan bisa menetap.

Sering Dianggap Penyakit Lain

Kelelahan kerja otot mata dan lensa mata bias muncul dalam berbagai bentuk ( simak boks “inilah beberapa Gejala Lelah Mata” ). Tak heran, kalau gejala ini sering disalah artikan sebagai penyakit lain.

Bergitu ia mengeluh pusing, Tengkuk sakit dan mual, anda membawanya ke dokter anak. Setelah kepala di-rontgen, ternyata kondisinya oke.