Apa Kata Ahli Tentang Toilet Training ? Awan Ukaya

Apa Kata Ahli Tentang Toilet Training ?

Toilet Training adalah mengajarkan anak bagaimana cara yang benar melakukan buang air kecil ( bAk ) dan buang air besar ( bAb ) di tempat yang seharusnya. Berikut penjelasannya sobat awanukaya.com mengenai toilet training dari kata para Ahli.

“Toilet Training bisa mulai diajarkan saat anak usia 2 – 3 Tahun yang secara fisik dan mental sudah siap untuk belajar mengontrol buang air kecil dan besar. Mengapa perlu diajarkan toilet training ? toilet training merupakan sarana si kecil untuk belajar menjaga kebersihan diri, mengendalikan diri untuk bAk dan bAb pada tempatnya, juga untuk belajar mengenal norma atau aturan ( baik-buruk, dan benar-salah ). anda harus tahu apakah si kecil siap atau belum untuk menahan atau mengontrol keinginannya untuk bAk atau bAb. Jika belum, tunda latihan ini hingga secara fisik ia siap.”

Apa yang bisa anda lakukan untuk melatih kemampuan anak melakukan toilet training ? Misalnya, dengan membiasakan membawa anak ke toilet menjelang tidur, memberi pengertian mengenai pentingnya toilet training dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti.

Anda juga bisa memberinya contoh yang benar, misalnya pada saat anak ingin bAk dan bAb langsung bawa ia toilet. Jika anak belum bisa melakukanya sendiri bantu ia dengan memangkunya atau dengan bantuan baby pot. Hindari juga pemakaian diapers selama dirumah. Selain untuk memudahkan orang tua memantau ritme bAk anak, juga melatih anak untuk merasakan tidak nyamanya pakaian yang basah dan dingin. Beri anak hadiah atau penghargaan jika ia berhasil melakukan latihan ini dengan baik. Sebaiknya hindari pemberian hukuman selama latihan berlangsung karena akan membuat program latihannya tidak efektif.

Nah Demikian Sobat awanukaya.com Post Mengenai Apa Kata Ahli Tentang Toilet Training ? Semoga bermanfaat ( Ifan 21 )