Anak sulung rentan penyakit jantung? Awan Ukaya

Anak sulung rentan penyakit jantung?

Para peneliti mengatakan bahwa anak sulung memang mempunyai risiko tinggi untuk menderita penyakit jantung. Meskipun alasannya belum jelas, namun mereka memperkirakan bahwa anak pertama mungkin lebih memiliki kepribadian yang rentan terhadap penyakit jantung.

Sebanyak 348 orang diteliti, yang memang mengakui bahwa mereka sedang berobat di unit rehabilitasi kardiovaskular. Mereka diperiksa berdasarkan urutan kelahiran, usia, jenis kelamin, sejarah keluarga terhadap penyakit jantung dan juga faktor-faktor risiko lainnya.

Para peneliti menemukan bahwa 46.7% pasien jantung adalah anak sulung dan angkanya adalah dua kali lipat daripada yang ditemukan dalam populasi seluruhnya. Angka kumulatif dari faktor-faktor risiko per pasien hampir sama antara anak sulung dan saudara mereka berikutnya.

Karena para peneliti menemukan jenis faktor risiko yang sama pada kedua kelompok tersebut, mereka memperkirakan bahwa menjadi anak tertua mungkin bisa menjelaskan atau dianggap sebagai penentu terjadinya penyakit jantung dibandingkan faktor-faktor risiko lainnya.

Hasil penelitian yang pernah dipresentasikan pada Forum Ilmiah Asia Pasifik Asosiasi Jantung Amerika tersebut sebenarnya tidak bertujuan untuk mengenali alasan mengapa anak pertama lebih menderita penyakit jantung, namun faktor kepribadian mungkin memainkan peran penting sebagai penyebab mengapa anak tertua menjadi begitu rentan.

sumber:  Forum Ilmiah Asia Pasifik Asosiasi Jantung