Tips mudah mencegah virus masuk ke komputer kita Awan Ukaya

Tips mudah mencegah virus masuk ke komputer kita

Jika kamu sering koneksi ke dunia luar, maka terinfeksi oleh virus PC adalah hal yang biasa. Di mana yang paling sering terjadi adalah biasanya ketika kamu terhubung ke situs web melalui internet dan men-download sesuatu ke PC. Selain itu, virus ini biasanya juga sering menyerang melalui lampiran email atau dengan menyalin file dari suatu tempat, seperti CD atau flash disk.

Lalu, bagaimana cara mencegah virus?

  • Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Di mana cara terbaik untuk menghindari virus adalah dengan lebih selektif dan berhati-hati ketika menyalin dan men-download file dari sumber yang tidak diketahui.
  • Bila kamu mendapatkan email dari orang yang tidak kamu kenal, maka jangan pernah membuka lampiran email tersebut. Karena bisa saja itu merupakan virus.
  • Pastikan bahwa kamu telah memiliki anti virus dalam computer yang selalu aktif dan up-to-date, tidak peduli seberapa sering kamu dapat mengakses internet.
  • Jika kamu ingin meng-copy sebuah file atau-pun mencolokkan flash disk dan perangkat lainnya, maka biasakan melakukan scan terlebih dahulu. Karena biasanya ada banyak orang yang mendapati virus dalam computer-nya dikarenakan kecerobohan-nya dalam hal ini.
  • Jika kamu tidak yakin dengan file tertentu, maka jangan pernah men-double klik file yang tidak kamu tahu itu. Karena bisa saja hal ini akan mengaktifkan virus jika file tersebut ber-virus.
  • Jika kamu ingin membuka sebuah folder, sebaiknya klik kanan lalu pilih “Explorer”. Jangan tekan “Open”. Karena seandainya ada virus dalam folder tersebut dan kamu pilih open maka virus langsung jalan. Jika yang kamu pilih explorer, dar sini kamu masih bisa melihat jika ada file aneh didalamnya.