Tips Mewawancarai Tokoh Penting Awan Ukaya

Tips Mewawancarai Tokoh Penting

Artikel ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita yang pekerjaanya berhubungan dengan dunia jurnalistik, sering meliput berita atau mewawancarai orang-orang penting, khususnya bagi kita yang masih pemula atau baru dalam dunia pekerjaan seperti ini.

 Mewawancarai tokoh-tokoh penting memang merupakan salah satu tantangan yang akan kita hadapi ketika sudah menjadi seorang jurnalis, meski secara perlahan perasaan gugup ataupun nervous akan hilang jika kita sudah terbiasa melakukanya, namun tetap saja dunia jurnalis akan selalu menghadirkan hal-hal baru yang dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

 Sehubungan dengan tips untuk mewawancarai tokoh penting, beberapa diantaranya akan dipaparkan sebagai berikut :

  1. Dekati langsug dan buat janji wawancara dengan tokoh penting tersebut. Bagaimana caranya ? kita harus menunjukan bahwa kita adalah orang yang pantas untuk mewawancarai mereka, tatap wajah mereka secara yakin bahwa mereka adalah tokoh yang sangat penting untuk diwawancarai.
  2. Jika sudah mendapatkan janji untuk mewawancarai tokoh penting tersebut, alangkah baiknya jika melakukan riset juga mengenai topic actual terbaik untuk ditanyakan kepada nara sumber.Siapkan pertanyaan itu sebaik mungkin dan sistematis, jangan sampai pada saat hari H akan membuat nara sumber tidak senang terhadap pertanyaan kita.
  3. Yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan mental kita sendiri, biasanya teori tidak seperti praktek yang kita jalani. Tapi jangan rendah diri dan ingat bahwa seorang jurnalis juga sama pentingnya dengan nara sumber meskipun mereka orang penting sekalipun. Karena kitalah yang akan memberikan kabar tentang mereka ke khalayak ramai, seorang jurnalis juga bisa saja bertemu dengan presiden dan duduk dalam satu meja jika itu memang diharuskan dalam tugas mereka.

     

Leave your comment here: