Tips mengatasi flash disk yang minta format Awan Ukaya

Tips mengatasi flash disk yang minta format

Benda mungil ini memang terakdang suka rewel. Apalgi kalo udah kena virus. Hadech.. pasti minta format. Trus gimana kalo disitu masih banyak data-data penting? Wah.. susah nih!

Karena USB Flashdisk ini merupakan benda mungil yang memang berungsi sebagai penyimpan data yang fleksibel dan portabel membuatnya menjadi salah satu media penyimpanan paling sering digunakan dibandingkan dengan harddisk external.

Nah, berbicara mengenai flash disk ini, pernahkah kalian menemui sebuah alert yang minta flashdisk untuk diformat? Karena hal ini kerap kali sering mengkawatirkan untuk sebagian besar orang. Terlebih lagi jika berkas yang ada di dalam flashdisk merupakan data dan dokumen yang sangat penting.

Itulah sebabnya saya berikan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Yaitu cukup dengan cara mem-format dan mengembalikannya atau mer-recovery dengan software recovery seperti berikut ini:

  • Get Data Back NTFS
  • Recuva Recovery Tools
  • Easus Data Recovery Wizard Free

Namun perlu diingat bahwa untuk cara ini, jangan pernah melakukan aktivitas lainnya pada flashdisk tersebut ketika proses format selesai. Kenapa tidak boleh? Iya itu karena hal ini bisa membuat file baru akan menumpuk menjadi histori dari file yang telah diformat sebelumnya. Jika hal itu terjadi maka yang akan ter-recovery adalah file baru bukan file lama ketika flash disk error.

Lalu, gimana langkah yang benar?

  1. Buka program Get Data Back NTFS
  2. Lanjutkan tahap awal, klik “next”
  3. Pilih drive tujuan, dan klik next. Selanjutnya proses scanning akan berjalan sendiri hingga mencapai 100%. Jika sudah mencapai 100%, aplikasi ini akan menemukan file lama yang baru saja diformat. Selanjutnya tinggal save aja file tersebut ke dalam komputer terlebih dahulu kemudian salin atau copy kembali ke flashdisk.

Selamat mencoba!

     

Leave your comment here: