Shalat, Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar Awan Ukaya

Shalat, Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Shalat diperintahkan kepada orang – orang beriman pada saat – saat yang telah ditetapkan setiap harinya, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam al-Quran. Allah menjanjikan pahala bagi orang – orang yang benar – benar menjaga shalatnya dan yang istiqamah dalam mengerjakannya. Pahala lain yang akan diberikan kepada orang – orang yang mengerjakan shalat adalah dijelaskan dalam al-Quran, yaitu sebagai berikut :

 

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu al-Kitab (al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan – perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. al-Ankabut : 45)

 

Dalam ayat tersebut dinyatakan bahwa orang – orang yang mengerjakan shalat dijauhkan dari perbuatan keji dan mungkar. Allah akan menolong untuk menjauhkannya dari perbuatan jahat. Orang – orang yang benar – benar menjaga dan mengerjakan shalat sebagaimana dijelasan dalam al-Quran adalah orang yang bertakwa kepada Allah swt. Orang yang berdiri, ruku, dan sujud di hadapan Allah pada waktu – waktu tertentu setiap hari pasti akan dijauhkan dari perbuatan jahat, dan ia akan sangat takut kepada Allah. Hati nuranu orang – orang seperti itu, dengan kehendak Allah, akan senantiasa dijauhkan dari perbuatan keji dan mungkar. Sekalipun mereka melakukan kemungkaran untuk sementara waktu, mereka akan menyadari kesalahan mereka pada saat berdoa dan bertafakkur di hadapan Allah Yang Maha Kuasa. Kemudian mereka akan bertobat dan menjauhi kemungkaran tersebut pada masa berikutnya.

 

Sumber : Beberapa Rahasia dalam Al-Quran, Harun Yahya