Perkembangan penyakit periodontal dan serba-serbinya Awan Ukaya

Perkembangan penyakit periodontal dan serba-serbinya

Sebagian dari sobat pasti tidak tahu mengenai penyakit yang satu ini. Karena penyakit ini biasanya hanya diderita kucing yang tidak hidup bersih. Sebelum kita membahas perkembangan penyakit periodontal yang satu ini, mari kita bahas apa itu penyakit periodontal.

Perlu sobat ingat bahwa periodontal ini sebenarnya berasal dari dua kata yunani yaitu Peri yang berarti pinggiran atau sekitar, dan dontal yang berarti gigi. Jadi bisa dikata bahwa penyakit periodontal ini merupakan gangguan yang terjadi pada gigi dan daerah sekitarnya yang biasanya disertai peradangan. Penyakit ini dapat mengganggu jaringan penahan yang terdapat disekitar gigi, akibatnya gigi kucing menjadi goyah dan mudah lepas.

Sedangkan perkembangan penyakit periodontal lebih lanjut adalah sebagai berikut ini:

Sebeanrnya penyakit ini terjadi karean adanya bakteri dan sisa-sisa makanan tertinggal dan menumpuk disekitar perbatasan gigi membentuk plak. Untuk itulah jika sobat jarang menggosok gigi kucing kesayangan sobat, ini bisa menimbulkan plak. Di mana dari sinilah gigi kucing akan terdapat mineral dan senyawa yang berasal dari air liur menjadi bereaksi dan menyebabkan plak menempel lebih kuat ke pinggiran gigi dan membentuk tartar gigi dalam waktu 3-5 hari sejak plak terbentuk.

Nah, dari plak itulah biasanya akan membuat gusi menjadi iritasi hingga akhirnya menyebabkan peradangan pada gusi (gingivitis). Dimana peradangan ini bisanya bisa terlihat dari gusi yang berwarna merah tua di daerah perbatasan dengan gigi. Selain itu, bau mulut kucing juga menjadi tidak sedap. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka bisa saja gigi tidak dapat kembali normal seperti sedia kala dan membuat abses dan infeksi yang menyebar ke seluruh badan.

     

Leave your comment here: