Penyakit Kanker Darah Awan Ukaya

Penyakit Kanker Darah

Penyakit ini dalam ilmu kedokteran juga sering diistilahkan dengan nama Leukhimia, berdasarkan pengertianya adalah penyakit neoplastik yang yang beragam yang ditandai oleh transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah yang terdapat pada sum-sum tulang dan jaringan limfod.

Kata  Leukhimia sendiri artinya darah putih, dikarenakan sebelum melakukan terapi akan banyak ditemukan sel darah putih pada penderita. Jumlah sel darah putih yang semakin banyak dapat mengganggu fungsi normal dari cara kerja sel lainya. Penyakit Leukhimia ini dapat diklasifikasikan atas beberapa hal, yaitu :

  1. Proses alamiah penyebaranya yang sangat akut dan kronis.

Penyakit ini memang terkenal sangat cepat dan mematikan ketika keadaan kesehatan penderita telah mulai memburuk. Oleh karena itu jangan pernah menunda pengobatan penyakit ini, penderita bahkan bisa meninggal hanya dalam hitungan minggu bahkan hari, meskipun ada pendapat juga yang mengatakan penyakit Leukhimia kronis proses kerjanya tidak terlalu cepat dan penderita bisa memiliki harapan hidup yang lebih lama.

2.  Tipe sel yang ditemukan pada sediaan darah tepi.

Pada saat leukhimia mempengaruhi limfosit atau sel limfoid, maka disebut leukhimia limfoisitik sedangkan jika mempengaruhi sel myeloid, basofil dan eosinofil, maka disebut leukhimia mielositik.

3.      Jumlah Leukosit dalam darah

Disebut Leukemik bila jumlah leukosit dalam darah lebih normal yang terdapat sel-sel abnormal. Leukhimia subleukemik bila jumlah leukosit dalam darah kurang dari normal dan terdapat sel-sel abnormal. Sedangkan Leukhimia aleukemik bila jumlah leukosit di dalam darah kurang dari normal dan tidak terdapat sel-sel abnormal.