Mengenal macam-macam susunan ekosistem Awan Ukaya

Mengenal macam-macam susunan ekosistem

Kalau sebelumnya kita mugnkin semuanya sudah mengenal ekosistem, kini kita saatnya mengenala macam-macam susunan ekosistemberserta fungsinya, dimana suatu ekosistem tersusun atas komponen sebagai berikut:

Komponen autotrof

(Auto = sendiri dan trophikos = menyediakan makan).
Jadi, autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/mensintesis makanan sendiri tanpa bantuan makhluk lain. Hal ini dilakukannya berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia. Komponen autotrof berfungsi sebagai produsen, contohnya tumbuh-tumbuhan hijau.

Komponen heterotrof

(Heteros = berbeda, trophikos = makanan).
Heterotrof ini merupakan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai makanannya, namun bahan tersebut disediakan oleh organisme lain. Sehingga makhluk jenis ini tidak bisa hidup tanpa bantuan makhluk lain. Yang tergolong heterotrof adalah manusia, hewan, jamur, dan mikroba.

Bahan tak hidup (abiotik)

Untuk bahan tak hidup ini berupa komponen fisik dan kimia yang terdiri dari tanah, air, udara, sinar matahari. Bahan tak hidup merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan, atau lingkungan tempat hidup.

Pengurai (dekomposer)

Sedangkan yang terakhir adalah pengurai. Pengurai ini termasuk organisme heterotrof yang menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati (bahan organik kompleks). Cara kerjanya yaitu, organisme pengurai ini biasanya akan menyerap sebagian hasil penguraian tersebut dan melepaskan bahan-bahan yang sederhana yang dapat digunakan kembali oleh produsen. Yang termasuk pengurai ini adalah bakteri dan jamur.

     

Leave your comment here: