Manfaat Beras Ketan dan Bawang Awan Ukaya

Manfaat Beras Ketan dan Bawang

Beras ketan termasuk dalam kategori beras yang merupakan makanan pokok masyarakat di negeri ini. Beras sangat bergizi dan khasiat utamanya sebagai makanan mengandung karbohidrat yang dapat mengenyangkan, menambah tenaga dan memprkuat usus atau perut. Selain manfaat lainya untuk menambah kesuburan, menambah produksi sperma dan membersihkan pigmen tubuh.

Sedangkan beras ketan sifatnya lebih lengket daripada beras jika sudah dimasak. Untuk mengurangi sifatnya itu tergantung bagaimana tahapan proses sebelum memasaknya, direndam lebih lama di dalam air. Beras ktan juga dapat bermanfaat untuk sembuhkan batuk dan menghilangkan uap dalam paru-paru. Tingkat kesuburan dan produksi sperma juga dapat meningkat jika kita sering mengkonsumsi beras ketan. Hanya saja efek sampingnya dapat menimbulkan sembelit jika kita terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Sedangkan bawah adalah jenis umni-umbian yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Bawang yang telah dimasak juga mengandung banyak gizi dan dapat mengobati beberapa jenis penyakit seperti batuk, sesak napas, penyakit kuning, melancarkan buang air kecil. Air bawang yang dicampur garam juga dapat menyembuhkan gigitan anjing dengan cara dibalurkan pada daerah yang digigit anjing. Sedangkan bawang yang belum dimasak, jika digosokkan pada kulit juga dapat menghilangkan panu, kutil. Dengan mencium bawang juga dapat menghilangkan rasa mual atau mabok kendaraan, dan air rendamanya juga efektif sebagai obat tetes telinga dan untuk pengobatan gurah.

 

     

Leave your comment here: