Macam – Macam Sel Saraf Awan Ukaya

Macam – Macam Sel Saraf

Dilihat dari struktur dan fungsinya, ada tiga macam sel saraf, yaitu sel saraf sensori, motor, dan konektor (interneturon).

  • Sel saraf sensori

Yaitu sel saraf yang berfungsi untuk menghantarkan rangsangan saraf dari alat indra impuls ke otak atau sumsum tulang belakang. Oleh karena itu, sel saraf sensori disebut juga sel saraf indra. Dendritnya berhubungan dengan indra untuk menerima rangsang, sedangkan neuritnya berhubungan dengan sel saraf lain.

  • Sel saraf motor

Sel saraf ini berfungsi untuk menyampaikan perintah dari otak atau sumsum tulang belakang menuju ke otot atau kelenjar tubuh. Sel saraf ini disebut juga sebagai sel saraf penggerak. Dendritnya berhubungan dengan neurit dari neuron lain sedangkan neuritnya berhubungan dengan efektor. Efektor biasanya berupa otot atau kelenjar tubuh. Badan sel saraf motor terdapat pada pusat saraf.

  • Sel saraf konektor

Interneuron atau neuron konektor merupakan sel saraf berkutub banyak (multipolar) yang memiliki banyak dendrit dan akson. Fungsi sel saraf ini adalah untuk meneruskan rangsangan dari sel saraf sensori ke sel saraf motor. Sel saraf ini disebut pula sebagai sel saraf perantara atau penghubung. Ujung dendrit sel saraf yang satu berhubungan dengan ujung neurit sel saraf yang lain. Pada pertemuan ujung neurit dengan dendrit sel saraf selanjutnya terdapat celah sempit yang disebut sinapsis. Pada tempat tertentu, badan sel saraf terkumpul membentuk simpul saraf yang disebut ganglion.

 

Biologi SMA Jilid 2B

     

Leave your comment here: