Macam-macam penggolongan danau Awan Ukaya

Macam-macam penggolongan danau

Mungkin jika sebelumnya kita hanya mengenal penggolongan danau dari daerahnya, kini kita belajar lagi mengelompokkan danau berdasarkan produksi materi organik-nya, yaitu sebagai berikut :

Danau Oligotropik

Dimana danau Oligotropik ini sebenarnya merupakan sebutan untuk danau yang dalam yang kekurangan makanan. Kekurangan makanan ini disebabkan oleh adanya fitoplankton di daerah limnetik yang tidakproduktif. Ciri-ciri yang paling dominan dari danau ini biasanya adalah, airnya jernih sekali, dihuni oleh sedikit organisme,  dan di dasar air banyak terdapat oksigen sepanjang tahun.

Danau Eutropik

Untuk danau yang satu ini danaunya dangkal dan kaya akan kandungan makanan, karena fitoplankton sangat produktif beda dengan danau oligotropik. Sehingga ciri-ciri yang bisa didapat adalah airnya keruh, terdapat bermacam-macam organisme, dan oksigen terdapat di daerah profundal.

Namun perlu kalan ketahui pula bahwa ternyata danau di atas tidak permanen keadaannya. Karena danau oligotrofik dapat berkembang menjadi danau eutrofik. Hal ini diakibatkan karena adanya materi-materi organik yang masuk dan endapan. Perubahan ini juga dapat dipercepat oleh aktivitas manusia, misalnya dari sisa-sisa pupuk buatan pertanian dan timbunan sampah kota yang memperkaya danau dengan buangan sejumlah nitrogen dan fosfor yang membuat terjadi peledakan populasi ganggang atau blooming, sehingga terjadi produksi detritus yang berlebihan yang akhirnya menghabiskan suplai oksigen di danau tersebut. Semoga bermanfaat ya!

 

 

     

Leave your comment here: