Kanker Serviks Awan Ukaya

Kanker Serviks

Di negara kita sekarang ini, sedang berkembang salah satu penyakit kanker yang dikenal dengan istilah kanker Serviks, dan tahukah kita bahwa ini adalah satu penyakit kanker yang menyebabkan kematian. Berdasarkan penelitian, setiap dua menit satu orang wanita meninggal akibat penyakit ini. Untuk itu patutlah kita mengetahui tentang serba serbi penyakit ini, yang akan djelaskan sebagai berikut :

  1. Nama lain dari kanker serviks adalah kanker rahim, atau penyakit kanker yang terjadi pada daerah rahim bawah yang membuka kea rah lang vagina. Apabila semakin akut, penyakit ini juga dapat menyebar ke organ lain dalam tubuh.
  2. Berdasarkan penelitian penyakit kanker ini menempati peringkat teratas dibandingkan penyakit kanker yang lain. Penyakit ini juga sulit terdeteksi meski sudah sampai pada stadium akut.
  3. Yang menyebabkan kanker seviks adalah virus HVP (Human Papilloma Virus) yang memiliki 100 jenis lebih, sebagian besar dari jenis virus itu memang tidak berbahaya dan dapat hilang sendir, tapi ada jenis yang paling berbahaya yaitu HPV tipe 16 dan 18. Bukan hanya dikarenakan HPV, kanker serviks juga bisa disebabkan radiasi sinar atau pencemaran bahan kimia yang berlangsung lama.
  4. Cara penularan virus ini terutama melalui hubungan  seksual yang dilakukan secara berganti-ganti pasangan. Dengan begitu akan terjadi transmisi organ intim yang satu ke organ intim yang lain. Penggunaan kondom mungkin salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mencegah penyakit ini, tapi perlu diketahui juga bahwa sentuhan antar kulit juga dapat beresiko untuk menyebarkan  virus HPV.