Contoh adaptasi tingkah laku Awan Ukaya

Contoh adaptasi tingkah laku

Semua pasti sudah pada tahu beberapa contoh dan macam-macam adaptasi  kan? Lalu, bagaimana dengan adaptasi tingkah laku berikut ini? Tahukah Anda apa itu adaptasi tingkah laku?

Nah, perlu Anda ingat bahwa adaptasi tingkah laku ini merupakan bentuk penyesuaian makhluk hidup yang didasarkan pada tingkah laku makhluk hidup. Bagaimana kita bisa melihat contohnya?

Contohnya adalah sebagai berikut :

- bergaya tidur atau mati

Mendengar istilah pura-pura tidur atau mati, mungkin hal ini sudah tidak asing lagi. Karena kita bisa melihat contohnya seperti putrid malu. Dimana ketika kita mendekat, pasti ia langsung menutup daunnya. Selain itu, contoh lain bisa kita lihat pada beberapa hewan seperti kura-kura dan tupai Virginia. Tupai biasa berbaring tidak berdaya dengan mata tertutup seakan mati bila didekati seekor anjing. Dan kura-kura, biasa bersembunyi dibalik cangkang ketika ada yang mendekat dan membuatnya takut.

- pindah tempat/ migrasi

Hal ini bisa kita lihat pada ikan salem raja di Amerika Utara, dimana ia selalu melakukan migrasi atau berpindah tempat untuk mencari tempat yang sesuai untuk bertelur. Kita biasa menemuinya di laut. Dan setiap tahun, ikan salem dewasa yang berumur empat sampai tujuh tahun biasa berkumpul di teluk disepanjang Pantai Barat Amerika Utara. Untuk apa mereka kesitu?

Mereka berkumpul untuk menuju ke sungai. Karena saat di sungai, ikan salem jantan biasanya akan mengeluarkan sperma di atas telur-telur ikan betinanya. Setelah itu ikan dewasa mati. Sehingga telur yang telah menetas untuk sementara tinggal di air tawar. Setelah itu, ketika ikan tumbuh menjadi lebih besar mereka akan bergerak ke bagian hilir dan akhirnya berpndah ke laut sendiri.

 

     

Leave your comment here: