Cara pintar mempercepat kinerja Windows XP dengan mematikan service yang tidak penting Awan Ukaya

Cara pintar mempercepat kinerja Windows XP dengan mematikan service yang tidak penting

Jika saat ini Anda pengguna Windows XP, tentu Anda sudah tidak asing dengan salah satu penyebab pembuat lambat system operasi ini. Apakah penyebabnya? Salah satu penyebab lambatnya kinerja Windows XP tersebut sebanarnya adalah komponen Service. Di mana komponen service ini merupakan tool administrative yang biasa dipakai untuk mengatur jaringan computer dan komponen system yang lain.

Lalu, bagaimana solusinya?

Berikut adalah solusi mengatasi lambatnya kinerja Windows XP dengan cara mematikan service yang tidak penting, yaitu:

  • Klik Menu Start dan pilih Run. Lalu ketikkan ; msconfig dan segera pilih [OK].
  • Jika sudah, maka pada jendela System Configuration Utility segeralah pilih tab Service dan hilangkan tanda centang ( ? ) pada service yang Anda anggap tidak perlu diaktifkan saat computer start-up.
  • Namun jika pada langkah ini Anda masih bingung menentukan bagian mana yang harus di non-aktifkan, maka jalan pintas adalah beri tanda centang ( ? ) pada Hide All Microsoft Service.
  • Akan tetapi, jika Anda ragu mengenai serice mana yang boleh dihilangkan dan mana yang tidak boleh dihilangkan, maka ada baiknya bacalah keterangan setiap service tersebut pada Service Control Panel dengan cara ; Klik Start dan pilih Run. Setelah itu, ketikkan services.msc dan klik [OK]. Nah, dari sinilah Anda harus membaca jendela Description dari setiap Services.
  • Kemudian dari Description tersebut, maka eajari dengan baik pada setiap Services-nya, setelah itu mematikan service tersebut secara permanent dengan cara klik kanan pada service yang bersangkutan lalu pilih Propertis dan pada tab General terdapat Startup type, jika sudah segera pilih Disable.

Mudah kan?