Cara booting computer atau laptop Windows dengan cepat Awan Ukaya

Cara booting computer atau laptop Windows dengan cepat

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing dengan istilah booting. Yaitu dimana ini merupakan suatu proses eksekusi pada saat pertama kali menyalakan komputer. Walaupun kelihatan sederhana, tapi ini sangat penting lo..!

Utnuk itulah saya berikan tips untuk menghindari lamanya proses booting, sehingga dengan cara berikut ini maka proses booting menjadi cepat. Antara lain:

  • Tempatkan Prioritas Booting Yang Tepat

Caranya adalah dengan mengubah setting prioritas boot dengan cara masuk ke dalam BIOS. Dan saat menyalakan komputer, segera tekan DEL pada saat logi AMI muncul atau saat penghitungan memori. Pada pilihan First Boot Device, pilih hard disk tempat operasi sistem kalian. Kemudian Exit dan Simpan. Langkah ini akan mempercepat proses booting karena langsung masuk ke tempat di mana OS tersebut disimpan.

  • Atur Pendeteksian HDD

Untuk proses ini, kalian hanya perlu melakukan pengaturannya secara manual dan menentukan sendiri melalui settingan BIOS.

  • Nonaktifkan Komponen Yang Tidak Diperlukan

Sebenarnya penyebab booting lama adalah karena perangkat yang dipasang terlalu banyak dalam computer. Itulah sebabnya untuk mengatasinya, pada  Device Manager pilih Disable pada Drop Down Box Device Usage. Atau klik kanan My Computer, pilih Properties, lalu klil Hardware.

  • Hapus Screen Loading

Kali ini, untuk memoercepatnya kalian hanya perlu menghilangkan screen loading di komputer kalian. Caranya tinggal masuk menu Run pada start menu, kemudian ketikan msconfig, lalu Ok. Centang pada opsi /NOGUIBOOT.

Nah, itu semua adalah cara-cara yang bisa akalian lakukan untuk mempercepat proses booting. Semoga bermanfaat!