Bentuk-bentuk pelestarian sumber daya alam hayati Awan Ukaya

Bentuk-bentuk pelestarian sumber daya alam hayati

Ada banyak usaha pelestarian sumber daya alam hayati yang bisa dilakuakn dan tidak lepas dari usaha pelestarian lingkungan hidup. Sebenarnya usaha-usaha dalam pelestrian lingkungan hidup bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun hal ini jgua merupakan tanggung jawab kita semua.

Untuk itulah demi menggalakkan perhatian kita kepada pelestarian lingkungan hidup, maka setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Sedunia.

Di mana dalam tingkat Internasional, peringatan Hari Lingkungan Hidup biasanya akan ditandai dengan pemberian penghargaan kepada perorangan atau pun kelompok atas sumbangan praktis mereka yang berharga bagi pelestarian lingkungan atau perbaikan lingkungan hidup di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Penghargaan ini bernama “Global 500″ yang diprakarsai Program Lingkungan PBB (UNEP = United Nation Environment Program).

Sedangkan untuk di tingkat nasional, di Negara kita tercinta Indonesia ini ternyata juga memiliki penghargaan khusus untuk tempat-tempat yang telah berhasil menciptakan lingkungan hidup yang asri, yaitu penghargaan kalpataru dan adipura. Di mana untuk penjelasan lebih lengkapnya akan saya jelaskan di bawah ini:

Adipura

Penghargaan Adipura ini baisanya akan diberikan kepada kota-kota yang berhasil menjadi kota terbersih di Indonesia. Dan juga akan diberikan di daerah-daerah yang telah berhasil membuat Laporan Neraca Kependudukan dan Lingkungan Hidup Daerah (NKLD).

Kalpataru

Sedangkan untuk penghargaan yang satu ini, biasanya hanya diperikan kepada mereka yang telah mempelopori untuk mengubah lingkungan hidup yang kritis menjadi subur kembali, kemudian diberikan pula kepada mereka yang telah menyelamatkan lingkungan hidup yang rusak. Dan yang terakhir, hadiah ini diberikan pada petugas-petugas yang telah mengabdikan dirinya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

     

Leave your comment here: