Belajar apa itu piramida biomassa dan piramida energi Awan Ukaya

Belajar apa itu piramida biomassa dan piramida energi

Sebelum melangkah pada penjelasan jenis piramida lainnya, pertama-tama mari kita mengingat dulu sejenak. Bahwa dibagi menjadi berapakah piramida ekologi itu? Piramida ekologi dibagi menjadi tiga. Yaitu piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi. Dan jika sebelumnya kita mengenal piramida jumlah, kali ini saya akan jelaskan apa itu piramida biomassa dan energi.

Piramida biomassa

Kita semua tahu bahwa biomassa adalah ukuran berat materi hidup di waktu tertentu. Dan untuk mengukur biomassa di tiap tingkat trofik, maka rata-rata berat organisme di tiap tingkat harus diukur terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kemudian jumlah organisme di tiap tingkat diperkirakan. Itulah sebabnya jika Anda menginginkan penggambaran yang lebih realistik, piramida biomassa lah jawabannya!

Lalu, apa funsi piramida biomassa itu sendiri?

Perlu diketahui bahwa piramida biomassa ini berfungsi sebagai penggambaran perpaduan massa seluruh organisme pada habitat tertentu dalam ukuran gram.

Cara yang biasa digunakan adalah dengan mengambil sedikit sampel untuk diukur, yang kemudian seluruh biomassa dihitung. Sehingga informasi yang didapat bisa lebih akurat. Selain itum hal ini juga dilakukan untuk menghindari adanya kerusakan habitat.

Piramida energi

Pada piramida energi ini dibuat berdasarkan observasi yang dilakukan dalam waktu yang lama. Sehingga bisa dikatakan bahwa pada piramida ini, informasi yang didapat lebih akurat dari piramida lainnya dalam mengukur aliran energi dalam ekosistem.

 

     

Leave your comment here: