Apa yang dimaksud dengan estuari itu? Awan Ukaya

Apa yang dimaksud dengan estuari itu?

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing dengan yang namanya muara. Karena muara ini merupakan temat bersatunya sungai dengan laut. Namun tahukah kalian semua tentang nama laindari muara itu? Saya yakin pasti kalian tidak akan tahu. Karena nama lainnya memang cukup asing ditelinga. Begini, perlu diingat bahwa kalian sebenarnya bisa menyebut nama muara dengan kata estuari. Karena keduanya adalah sama. Muara atau estuari ini sering dipagari oleh lempengan lumpur intertidal yang luas atau rawa garam. Selain itu, estuari ternyata juga merupakan tempat mencari makan bagi vertebrata semi air, yaitu unggas air.

Hal-hal yang mempengaruhi muara/ estuari

Perlu diingat bahwa salinitas air yang berubah secara bertahap mulai dari daerah air tawar ke laut yang juga dipengaruhi oleh siklus harian dengan pasang surut aimya, kemudian Nutrien dari sungai, ini semua sebenarnya sangat berpengaruh dalam memperkaya estuari.

Pertanyaannya adalah adakah hewan yang tumbuh dalam estuari?

Jika kalian bertanya demikian, maka jawaban tepatnya adalah ada. Karena jangan dikira bahwa organisme makhluk hidup hanya bisa tumbuh di darat dan laut saja. Namun disini, ada pula komunitas tumbuhan yang hidup di estuari. Beberapa komunitas tumbuhan yang hidup di muara antara lain rumput rawa garam, ganggang, dan fitoplankton.

Sedangkan untuk Komunitas hewan yang bisa kalian temui di muara antara lain berbagai cacing, kerang, kepiting, dan ikan. Bahkan ada beberapa invertebrata laut dan ikan laut yang menjadikan estuari sebagai tempat kawin atau bermigrasi untuk menuju habitat air tawar.

Semoga cukup bisa menambah pengetahuan kalian semua!

     

Leave your comment here: