SUDAH TUA MASIH NGOMPOL Awan Ukaya

SUDAH TUA MASIH NGOMPOL

Pernahkah anda mendengar pengalaman dari kawan, saudara, orang terdekat, atau mungkin anda sendiri yang menceritakan kenangan masa kecil sering ngompol ?. Kejadian waktu kecil yang sering tidak kita sadari, karena tiba-tiba terbangun dengan celana yang sudah basah. Sesekali kejadian itu juga diawali dengan mimpi buang air kecil.

Kebiasaan seperti itu mungkin akan hilang dengan sendirinya seiring usia kita yang semakin dewasa. Namun berdasarkan fakta, ada juga yang kebiasaanya itu terus terbawa bahkan sampai di usia tua. Lantas apa yang harus dilakukan oleh para manula yang mengalami hal itu ?.

Penyakit ngompol memang bisa menjengkelkan jika sampai usia dewasa pun kita masih merasakanya. Mengenai penyebabnya, masih dipertanyakan hingga sekarang. Sebagian peneliti mengatakan itu disebabkan oleh keturunan, sekitar 70 % orang yang mengalaminya juga sama dialami oleh orang tuanya.

Namun sebagian peneliti lain juga beranggapan, hal itu disebabkan oleh penyakit tertentu seperti diabetes, anemia, atau epilepsi. Beberapa gejala pisikologis juga bisa turut menyebabkan. Mengenai pengobatan atau cara mengatasinya, tergantung pada penyebabnya. Biasanya dokter menggunakan terapi memperbesar kandung kemih, terapi motivasi, terapi diet, dan lain sebagainya. Terapi motivasi biasanya dilakukan pada anak kecil, mereka dianjurkan buang air kecil dulu sebelum tidur, atau menggunakan semacam sensor di pakaian tidurnya. Sensor ini dapat membangunkan si anak jika air seni mulai keluar.

Sedangkan dalam terapi memperbesar kandung kemih, penderita disarankan minum air banyak, tetapi memperlama jarak antara kencing pertama denga kencing berikutnya. Ada juga penyembuhan lain, dengan obat-obatan tradisional seperti tanaman ekor kuda, hipnotis, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat