radiasi handphone Awan Ukaya

radiasi handphone

Hasil dari penelitian para ahli kesehatan dunia sepakat bahwa radiasi pensel dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform sehingga dapat menyebabkan kanker otak serta masalah kesehatan lainnya.

Namun di era sekarang, kita hampir mustahil untuk menghindari radiasi handphone mengingat handphone menjadi kebutuhan utama di zaman maju seperti sekarang. Tapi Anda tidak harus berhenti menggunakan ponsel untuk terhindar dari bahaya radiasi ini. Berikut adalah tips untuk mengurangi radiasi handphone:

1. Gunakan Headset
Kita sudah mengetahui bukan, jika handphone memiliki daya elektromagnetis yang dapat merusak otak kita. Namun kita juga  tidak bisa menolak untuk menerima panggilan telepon. Nah ada baiknya apabila menggunakan headset. usahakan handphone tidak terlalu dekat dengan otak.

2. Casing Penahan Radiasi
Kekhawatiran terhadap radiasi ponsel membuat banyak perusahaan berlomba2 untuk membuat casing berkemampuan khusus yang diklaim bisa meminimalisir radiasi yang berasal dari ponsel. Jika memerlukan, anda bisa mencarinya di toko2 handphone besar.

3. Sudut Ruangan
Hindari menerima telepon di sudut ruangan. Mengapa? karena sudut ruangan menjadi tempat di mana sinyal telepon menjadi lemah. Nah, sinyal yang lemah justru malah memicu radiasi yang lebih tinggi. contoh ruangan kecil adalah lift dsb.

4. Jangan Membawa Handphone
untuk kesehatan yang lebih baik, ada baiknya jangan selalu membawa ponsel tersebut. Ponsel yang tidak digunakan lebih baik ditaruh di tas atau di atas meja. Jangan menaruh handphone di dalam celana / pun baju, karena hal tersebut dapat memberi radiasi handphone buruk bagi tubuh kita.