Pengelompokan makhluk hidup Awan Ukaya

Pengelompokan makhluk hidup

Tahukah Anda, ada berapakah pengelompokan makhluk hidup itu? Dan siapakah yang mengelompokkan makhluk hidup? Hmm.. mau tahu?? Perlu Anda ketahui bahwa Whitaker (1969) adalah seorang ahli yang mengelompokkan mahluk hidup ke dalam lima kerajaan/regnum.

Apa saja?

1. Regnum Monera
Monera merupakan golongan organisme yang bersifat prokariotik (inti selnya tidak memiliki selaput inti). Regnum ini dibagi menjadi dua golongan yaitu :
- Golongan ganggang biru (Cyanophyta)
- Golongan bakteri (Schizophyta/Schizomycetes)

2. Regnum Protista
Protista merupakan organisme yang bersifat eukariotik (inti selnya sudah memiliki selaput inti). Pembentukan regnum ini diusulkan oleh Ernst Haeckel atas pertimbangan adanya organise-organisme yagn memiliki ciri tumbuhan (berklorofil) sekaligus memiliki ciri hewan (dapat bergerak). Yang termasuk dalam regnum ini adalah :
- Protozoa
- Ganggang bersel satu

3. Regnum Fungi (Jamur)
Fungi merupakan organisme uniseluler (bersel satu) dan multiseluler (bersel banyak) yang tidak berklorofil, fungi multiseluler dapat membentuk benang-benang yang disebut hifa. Seluruh anggota dari regnum ini bersifat heterotrof. Regnum ini dibagi menjadi beberapa divisi yaitu:
- Oomycotina
- Zygomycotina
- Ascomycotina
- Basidiomycotina
- Deuteromycotina

4. Regnum Plantae (Tumbuhan Hijau)
Meliputi organisme bersel banyak (multiseluler) dan sel-selnya mempunyai dinding sel. Hampir seluruh anggota berklorofil sehinga sifatnya autotrof. Yang termasuk dalam Regnum Plantae adalah:
- Ganggang bersel banyak (diluar ganggang biru)
- Lumut (Bryophyta)
- Paku-pakuan (Pteridophyta)
- Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

5. Regnum Animalia (Kerajaan Hewan)
Meliputi organisme bersel banyak, yang sel-selnya tidak berdinding sel dan tidak berklorofil sehingga bersifat heterotrof. Yang termasuk regnum ini adalah filum:
Porifera
Coelenterata
Platyhelminthes
Nemathelminthes
Annelida
Echinodermata
Arthropoda
Chordata

Nah, itulah pengelompokan makhluk hidup menurut Whitaker.

     

Leave your comment here: