Khasiat bangle Awan Ukaya

Khasiat bangle

Wah.. semua pasti pada bingung kan dengan istilah bangle? Apa sih bangle itu? Apakah ini merupakan sesuatu yang bisa dimakan atau hanya sebuah istilah saja?

Hmm.. ingatlah! Bangle aau bisa juga disebut dengan Zingiber montanum (J.K├Ânig) Link ex A.Dietr. = syn. Zingiber cassumunar, syn. Z. purpureum Roxb.) adalah salah satu tanaman rempah-rempah anggota suku temu-temuan (Zingiberaceae). Bangle ditemukan di India tropis dan Asia Tenggara.

Tanaman ini sangat kaya akan manfaat. Beberapa manfaat yang bisa diambil dari bangle meliputi:

Rimpangnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan. Tumbuhan ini dikenal diberbagai tempat dengan nama yang bervariasi: mungle (Aceh), bungle (Tapanuli), kunik bolai (Tanah Minang), panglai (Pasundan), pandhiyang (Madura), bale (Makassar), panini (Bugis), unin makei (Ambon).

Selain itu, bangle juga bisa digunakan untuk mengobati asma, kepala pusing, dan masuk angin. Gimana caranya, ya? Simak tips berikut ini:

  • Mengobati asma.

Caranya, ambil umbi bangle secukupnya, lalu rebus dengan air yang mendidih selama kurang lebih 1/2 jam. Minum airnya.

  • Mengobati kepala pusing.

Caranya, ambil 2 jari bangle, cuci, lalu parut. Gosokkan pada tengkuk dan pelipis sebanyak 1x dalam sehari.

  • Mengobati masuk angin.

Caranya, ambil 1 jari bangle, 1 jari lempuyang, 1 jari jahe, dan 2 jari kencur. Cuci bersih lalu parut. Tambahkan air masak 2 cangkir, lalu peras dan saring. Minum airnya 2 kali sehari masing-masing sebanyak 1 cangkir.

Semoga tips berikut ini cukup bermanfaat!