Bela Diri Adalah Seni Awan Ukaya

Bela Diri Adalah Seni

Selama ini kita hanya mengartikan olahraga bela diri selalu identik dengan pertarungan dan kekerasan, ,orang yang menguasai bela diri lebih sering dianggap sebagai orang yang suka bertarung, menakutkan dan suka membuat masalah. Meskipun kita juga tahu bahwa tidak semua dari pendapat ini benar.

Namun, jika kita ingin menelusuri olahraga bela diri dari filosofinya, bela diri sebenarnya adalah seni. Lebih khusus diartikan bahwa merupakan kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang untuk mempertahankan diri. Seni bela diri telah lama wujud dan pada mulanya memang berkembang di medan pertempuran, sebelum perlahan-lahan berbagai pertempuran yang terjadi di berbagai belahan bumi ini sudah mulai berkurang dan jikalaupun masih terjadi, lebih banyak menggunakan senjata modern. Dari hal itu, akhirnya olahraga bela diri bukan lagi digunakan untuk pertempuran, tapi orang awam mulai belajar untuk memahami filosofi dasarnya yang sebenarnya sangat dekat dengan unsur kehidupan kita.

Orang yang berlatih bela diri secara sungguh-sungguh harus melewati tahap-tahap yang akhirnya membentuk kepribadianya sebagai seorang ahli bela diri sejati, mereka harus disiplin, sabar, dan memiliki jiwa yang tenang. Kedisiplinan dibutuhkan untuk terus berlatih setiap gerakan secara terus menerus, dimulai dari latihan awal berupa gerakan-gerakan dasar yang sangat berpengaruh sebelum dilanjutkan ke gerakan berikutnya yang lebih kompleks. Dan untuk mencapai kedisplinan itu tentunya dibutuhkan kesabaran yang tinggi, tidak mudah untuk dapat selalu latihan fisik secara keras, hingga akhirnya dapat membentuk tubuh yang kuat, lincah, dan sehat. Dan ketenangan adalah hal paling terakhir yang harus dimiliki oleh seorang yang menguasai bela diri, dengan ketenangan dia bisa menguasai sikap angkuhnya untuk merasa paling hebat, karena seperti sebuah pepetah bela diri “Di atas langit masih ada langit”.

Dan jika telah melewati semua tahap itu, kemampuan untuk membela diri yang kita dapatkan sebenarnya hanyalah bonus dari apa yang selama ini telah dilalui dengan sungguh-sungguh.

 

 

Seni bela diri merupakan satu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang itu mempertahankan diri. Seni bela diri telah lama wujud dan pada mulanya ia berkembang di medan pertempuran sebelum secara perlahan-lahan apabila peperangan telah berkurangan dan penggunaan senjata moden mula digunakan secara berleluasa, seni bela diri mula berkembang dikalangan mereka yang bukannya anggota tentera tetapi merupakan orang awam.

Boleh dikatakan seni bela diri terdapat di merata-merata di dunia ini dan hampir setiap negara mempunyai seni bela diri yang berkembang samaada secara tempatan atau diubah suai daripada seni bela diri luar yang meresap masuk. Sebagai contoh seni silat adalah seni bela diri yang berkembang di negara ASEAN dan terdapat di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Brunei.