Khasiat Kembang Sepatu Untuk Pengobatan Awan Ukaya

Khasiat Kembang Sepatu Untuk Pengobatan

kembang sepatu

Khasiat Kembang Sepatu Untuk Pengobatan

Kembang sepatu merupakan salah satu jenis bunga bermahkota indah. Tanaman ini ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Selain kecantikannya, kembang sepatu juga mempunyai beberapa khasiat untuk pengobatan.

Manfaat Kembang Sepatu

Khasiat kembang sepatu yang pertama adalah untuk mengobati bronchitis. Caranya, ambil bunga kembang sepatu sebanyak 2 kuntum, giling halus, lalu tambahkan 1 cangkir air dan sedikit garam. Peras lalu saring. Minum air saringannya 2 kali sehari.

Kemudian, kembang sepatu juga bisa digunakan untuk mengobati abses/ bisul. Caranya, ambil 5 lembar daun sepatu dan 2 bunga kembang sepatu. Iris-iris / rajang, lalu lekatkan langsung pada bagian yang terkena abses / bisul. Lakukan 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

Dan yang terakhir, bungan indah ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan TBC. Caranya, ambil 3 kuntum bunga kembang sepatu, giling halus, lalu tambahkan 1/2 gelas air dan 1 sendok madu. Minum ramuan ini 3 kali sehari untuk melancarkan dahak.

Tanaman kembang sepatu umumnya berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan. Di Sumatera dan Malaysia, kembang sepatu disebut bunga raya. Sedang orang Jawa menyebutnya kembang worawari.