Khasiat Bangle Untuk Mengobati Penyakit Awan Ukaya

Khasiat Bangle Untuk Mengobati Penyakit

bangle

Khasiat Bangle Untuk Mengobati Penyakit

Nama bangle mungkin masih asing bagi sebagian orang. Namun, tanaman yang satu ini merupakan salah satu rempah-rempah yang kaya khasiat. Bangle berasala dari suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpangnya biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan. Apa saja jenis penyakit yang bisa diobati dengan bangle?

Manfaat Bangle Untuk Kesehatan

Bangle ditemukan di India tropis dan Asia Tenggara. Tumbuhan ini dikenal diberbagai tempat dengan nama yang bervariasi. Misalnya Mungle di Aceh, Pandhiyang di Madura, dan Bale di Makassar.

Beberapa khasiat bangle adalah untuk mengobati asma, kepala pusing, dan masuk angin. Untuk mengobati berbagai penyakit tersebut, bangle dikombinasikan dengan beberapa tanaman berkhasiat lain.
Untuk mengobati asma, ambil umbi bangle secukupnya, lalu rebus dengan air yang mendidih selama kurang lebih 1/2 jam. Minum airnya. Penyakit asma Anda pun akan jarang kumat dan sembuh bertahap.

Sedangkan untuk mengobati kepala pusing, ambil 2 jari bangle, cuci, lalu parut. Gosokkan pada tengkuk dan pelipis sebanyak 1x dalam sehari. Dan terakhir, untuk mengobati masuk angin, ambil 1 jari bangle, 1 jari lempuyang, 1 jari jahe, dan 2 jari kencur. Cuci bersih lalu parut. Tambahkan air masak 2 cangkir, lalu peras dan saring. Minum airnya 2 kali sehari masing-masing sebanyak 1 cangkir.

Semoga info mengenai khasiat bangle ini bermanfaat untuk Anda.

     

Leave your comment here: