Khasiat Temu Ireng Untuk Kesehatan Awan Ukaya

Khasiat Temu Ireng Untuk Kesehatan

temu ireng

Khasiat Temu Ireng Untuk Kesehatan

Temu ireng atau temu hitam masih satu keluarga dengan temu lawak.Temu ireng (Curcuma aeruginosa Roxb.) adalah sejenis tumbuhanan yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat/jamu. Tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

Manfaat Temu Ireng Untuk Menyembuhkan Penyakit

Temu ireng memiliki rimpang yang a cukup besar dan merupakan umbi batang serta bercabang-cabang. Jika rimpang tua dibelah, tampak lingkaran berwarna biru kehitaman di bagian luarnya. Rimpang temu hitam mempunyai aroma yang khas.

Temu ireng berkhasiat sebagai obat cacing dan penambah nafsu makan. Untuk menambah nafsu makan, caranya adalah sebagai berikut. Ambil temu ireng, tempe bosok, serta sedikit garam, campur dan aduk jadi satu. Peras lalu minumkan airnya pada anak yang tidak suka makan.

Khasiat lain dari temu ireng yang pertama adalah menyembuhkan koreng. Caranya, siapkan temu ireng (parut), belerang secukupnya (tumbuk halus), dan 5 siung bawang (bakar), aduk jadi satu. Panaskan hingga mendidih lalu oleskan ramuan pada koreng. Temu ireng juga bisa digunakan untuk menyembuhkan wasir. Caranya, ambil temu ireng, kupas, cuci, lalu parut. Saring airnya setengah gelas, tambahkan kuning telur, aduk rata. Minum setiap bangun tidur di pagi hari. Semoga info mengenai khasiat temu ireng ini bermanfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga.

     

Leave your comment here: