Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) Akan Diujikan di UN 2012 Awan Ukaya

Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) Akan Diujikan di UN 2012

UN PAI 2012

Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) Akan Diujikan di UN 2012

Tahun ini, Panitia Ujian Nasional (UN) membuat kebijakan baru, yaitu Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) akan distandarkan secara nasional. Kebijakan ini mulai diberlakukan pada pelaksanaan ujian sekolah tahun 2012 ini. Untuk soal, Panitia mengaku masih melakukan pembahasan terkait soal ujian yang akan disamakan untuk seluruh sekolah di setiap propinsi.

Soal Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk UN 2012

Sedikit bocoran, soal nantinya menggunakan model pilihan ganda sebanyak 50 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit. Rencananya ujian PAI siswa SD pada 2 April, SMP pada 26 Maret, SMA/SMK pada 20 Maret.

Menurut sumber, nantinya 25% soal akan dibuat oleh Kementerian Agama (Kemenag) Pusat. Sedangkan 75% soal akan dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI. Selanjutnya, untuk penggandaan soal akan dilakukan oleh Kemenag provinsi. Dari provinsi, soal akan disistribusikan ke tingkat kota.

Bagaimana dengan soal pendidikan agama selain Islam? Masih menurut sumber yang sama dari Panitia Ujian Nasional (UN), soal akan dibuat oleh sekolah masing-masing. Namun rencananya ke depan, soal akan disamakan untuk seluruh sekolah di setiap propinsi.

Dengan adanya UN Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa memang harus belajar lebih keras. Namun, diharapkan setiap siswa lulus dengan pemahaman agama yang baik, yang semoga juga bisa mempengaruhi sikapnya di masyarakat.