Kandungan Nutrisi dan Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Awan Ukaya

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Wijen Bagi Kesehatan

wijen

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Wijen Bagi Kesehatan

Wijen biasanya terdapat pada onde-onde dan beberapa jenis kue-kue Indonesia lain. Wijen memang memiliki rasa yang gurih dan unik sehingga menambah kelezatan makanan yang ditaburinya. Selain nikmat, wijen ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat tersebut?

Cara Mendapatkan Nutrisi dan Manfaat Wijen

Wijen (Sesamun indicum) diyakini sebagai rempah tertua yang digunakan manusia sejak 1600 SM. Kandungan mineral dalam wijen sangat tinggi. Bukan hanya kalsium, wijen juga mengandung mangan, tembaga, zat besi, fosfor, dan seng.

Wijen juga memiliki kandungan vitamin B1 dan serat yang bernutrisi bagi tubuh. Yang paling istimewa adalah kandungan antioksidan yang disebut lignin sebagai zat antikanker dan fitosterol yang ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Untuk mendapatkan semua nutrisi dan manfaat wijen tersebut, Anda bisa menikmati wijen dengan beberapa cara, antara lain:
- Mengunyah wijen dapat membersihkan plak gigi dan merangsang pembentukan email. Wijen kaya mineral kalsium, yang membantu melindungi tulang, gigi, dan gusi.
- Untuk cegah penuaan dini, santap biji wijen dicampur kacang merah dan gula merah untuk dibuat bubur.
- Wijen hitam sangrai dapat dicampur dalam sup, salad, dan masakan tumis. Wijen hitam lebih kaya seng dan mangan untuk pertumbuhan jaringan kolagen gusi.
- Biji wijen yang ditaburkan di atas makanan berkhasiat memperbanyak ASI dan mencegah rambut beruban.
- Bila tekanan darah Anda tinggi, minumlah seduhan air wijen untuk menurunkannya.

Semoga bermanfaat.

     

Leave your comment here: