Tips Jitu Mengatasi Rumah Bocor Saat Musim Hujan Awan Ukaya

Tips Jitu Mengatasi Rumah Bocor Saat Musim Hujan

mengatasi rumah bocor

Tips Jitu Mengatasi Rumah Bocor Saat Musim Hujan

Saat musim hujan, rumah memang menjadi lebih rawan bocor. Dan ini jelas mengganggu karena membuat rumah jadi basah dan kotor. Lalu bagaimana cara jitu mengatasi rumah bocor saat musim hujan? Kami punya tipsnya.

Mengatasi Rumah Bocor Saat Musim Hujan

Berikut adalah beberapa tips jitu mengatasi rumah bocor saat musim hujan:
- Menata ulang konstruksi.
Menata ulang kemiringan atap atau yang lebih murah dengan memberi lembaran pelapis anti bocor entah dari plastik atau semacamnya pada bagian bawah genteng bisa jadi solusi pertama untuk mengatasi rumah Anda yang bocor. Kemudian, Anda juga bisa memilih genteng yang dilengkapi lubang paku untuk mengunci kedudukan genteng supaya tidak melorot dan menyebabkan bocor.

- Perbaiki kesalahan pemasangan.
Beri lapisan kedap air semacam aquaproof atau talang karet pada bagian yang bocor seperti pada lokasi sambungan tepi atau talang yang terpasang kurang rapi oleh tukang bangunan.

- Ganti material yang asal-asalan.
Pemilihan kualitas material yang asal-asalan jelas berpengaruh pada ketahanan terhadap serangan air hujan. Misalnya asbes mungkin jauh lebih murah, tapi daya tahan terhadap cuaca jelas lebih kuat lembaran galvanis. Karena itu sebaiknya ganti material tersebut.

- Lakukan pemeliharaan berkala
Melakukan pemeliharaan berkala tiap tahun terhadap komponen atap dapat memperpanjang usia pakai/life time material tersebut. Misalnya saja mengecat genteng beton dengan cat genteng, menambahkan lapisan waterproofing pada dak beton, dan sebagainya.

Semoga tips jitu mengatasi rumah bocor saat musim hujan ini bermanfaat untuk Anda.

     

Leave your comment here: